ads

Pengembangan Kurikulum: Asas-Asas Kurikulum

Pengembangan kurikulum bukan suatu yang mudah dan sederhana karena banyak hal yang harus dipertimbangankan dan banyak pertanyaan yang dapat diajukan untuk diperhitungkan.  Kurikulum dapat pula dipandang sebagai ahal-hal yang diharapkan akan dipelajari siswa, yakni pengetahuan, sikap, keterampilan tertentu. Apa yang diharapkan akan dipelajari tidak selalu sama dengan apa yang benar-benar yang dipelajari. Adanya tafsiran tentang kurikulum tak perlu dirisaukan, karena justru dapat memberi dorongan  untuk mengedakan inovasi tentang kurikulum secara kontinu tanpa henti-hentinya.
Asas asas yang digunakan dalam rangka pengembangan kurikulum adalah sebagai berikut:

1.        Asas filosofis
Sekolah bertujuan mendidik anak agar menjadi manusia yang “ baik “. Apakah yang dimaksud “baik” pada hakikatnya ditentukan oleh nilai-nilai, cita-cita atau filsafat yang dianut oleh negara, tapi juga guru, orang tua, masyarakat, bahkan dunia. Perbedaan filsafat dengan sendiriya akan menimbulkan perbedaan dalam tujuan pendidikan, jadi juga bahan pelajaran yang disajikan, mungkin juga cara pengajar danpenilaiannya. Oleh karena itu fisafat menjadi landasan semua pengalaman. Perlu mempertimbangakn filsafat atau falsafahyang diantaranyafalsafah negara, falsafah lambaga pendidikan dan falsafah pengajaran/pendidikan.
·      Falsafah negara
Setiap negara memiliki suatu falsafah atau pandangan pokok mengenai pendidikan. Yang terkadang tidak dengan pandangan umum, keberadaan kurikulum adalah perlunya memelihara keutuhan dan persatuan bangsa serta negara. Keselarasan falsafah pendidkan nasioanal dengan falsafah pendidikan islam terletak pada tujuan filosofis pendidkan masing-masing. Menurut undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang sistempendidikan nasional  adalah untuk menciptakan peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandir, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
·      Falsafah lembaga pendidikan
Dalam konteks pendidikan, pancasila sebagai pedomanbagi lembaga pendidikan untuk mengembangkan falsafah atau pandangan masing-masing sesuai dengan misi dan tujuan nasional serta nilai-nilai masyrakat yang dilayaninya.

·      Falsafah pendidikan
Dalam operasional kurikulum, peran pendidikan menduduki posisi yang amat penting. Ia selalu terlibat dan karena nya peran falsafahnya dalam perencannaan pengorganisasian dan penyampaian pelajran merupakan suatu hal yang menentukan tercapainya tujuan pendidikan yang dirumuskan dalam kurikulum yang bersangkutan.

2.        Asas psikologis
a.    Psikologis anak
Sekolah didirikan untuk anak, untuk kepentingan anak, yakni menciptakan situasi-situasi dimana anak dapat belajar untuk mengembangkan bakatnya.
b.    Psikologi belajar
Pendidik disekolah diberikan dengan kepercayaan dan keyakinan bahwa anak-anak dapat dididik, dan dapat dipengaruhi kelakuannnya. Serta bagaiman belajar itu memberi hasil yang sebaik-baiknya, maka kurikulum dapat direncanakan dan dilaksanakan dengan cara yang seefektif-efektifnya.

3.        Asas sosiologis
Anak tidak hidup sendiri terisolasi dari manusia lainnya, ia selau hidup dalam lingkungan masyarakat. Tiap masyarakat memiliki norma-norma, adat kebiasaan yang tak dapat tiada harus dikenal dan diwujudkan anak dalam pribadinya lalu lalu dinyatakannya dalam kelakuan nya. Oleh sebab itu masyarakat suatu faktor yang begitu penting  dalam pengembangan kurikulum , maka masyarakat dijadikan salah satu asas.

4.        Asas organisatoris

Asas ini berkenaan dengan masalah, dalam bentuk yang bagaimana bahan pelajran akan disajikan? Apakah dalam bentuk matapelajran yang terpisah-pisah, ataukah diusahakan adanya hubungan antara pelajaran yang diberikan, misalnya dalam bentuk broad-field atau bidang studi. Perlu diingatkan, bahwa tidak ada kurikulum yang baik dan tidak baik. Setiap organisasi kurikulum mempunyai kebaikan akan tetapi tidak lepas dari kekurangan ditinjau dari segi tertentu. Selain itu, bermacam-macam organisai kurikulum dapat dijalankan secara bersama disatu sekolah, bahkan yang satu dapat membantu atau melengkapi yang satu lagi. 
Pengembangan Kurikulum: Asas-Asas Kurikulum Pengembangan Kurikulum: Asas-Asas Kurikulum Reviewed by Unknown on 8:38 PM Rating: 5

No comments:

ads
Powered by Blogger.