ads

Sejarah Kepramukaan Indonesia dan Dunia, Peran Pemuda dalam Mengisi Kemerdekaan, Menganalisis Simbol Nasionalisme Indonesia Serta Fungsi dan Peran Indonesia dalam Organisasi ASEAN dan PBB



   A.    SEJARAH KEPRAMUKAAN INDONESIA DAN DUNIA
      1.      Sejarah Kepramukaan Indonesia
Pendidikan Kepramukaan di Indonesia merupakan salah satu segi pendidikan nasional yang penting, yang merupakan bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Untuk itu perlu diketahui sejarah perkembangan Kepramukaan di Indonesia.
Gagasan Boden Powell yang cemerlang dan menarik itu akhirnya menyebar ke berbagai negara termasuk Netherland atau Belanda dengan nama Padvinder. Oleh orang Belanda gagasan itu dibawa ke Indonesia dan didirikan organisasi oleh orang Belanda di Indonesia dengan nama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda).
Oleh pemimpin-pemimpin gerakan nasional dibentuk organisasi kepanduan yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik dan menjadi kader pergerakan nasional. Sehingga muncul bermacam-macam organisasi kepanduan antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon).
Dengan adanya larangan pemerintah Hindia Belanda menggunakan istilah Padvindery maka K.H. Agus Salim menggunakan nama Pandu atau Kepanduan.
Dengan meningkatnya kesadaran nasional setelah Sumpah Pemuda, maka pada tahun 1930 organisasi kepanduan seperti IPO, PK (Pandu Kesultanan), PPS (Pandu Pemuda Sumatra) bergabung menjadi KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Kemudian tahun 1931 terbentuklah PAPI (Persatuan Antar Pandu Indonesia) yang berubah menjadi BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia) pada tahun 1938.
Pada waktu pendudukan Jepang Kepanduan di Indonesia dilarang sehingga tokoh Pandu banyak yang masuk Keibondan, Seinendan dan PETA.
Setelah tokoh proklamasi kemerdekaan dibentuklah Pandu Rakyat Indonesia pada tanggal 28 Desember 1945 di Sala sebagai satu-satunya organisasi kepanduan.
Sekitar tahun 1961 kepanduan Indonesia terpecah menjadi 100 organisasi kepanduan yang terhimpun dalam 3 federasi organisasi yaitu IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia) berdiri 13 September 1951, POPPINDO (Persatuan Pandu Puteri Indonesia) tahun 1954 dan PKPI (Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia)
Menyadari kelemahan yang ada maka ketiga federasi melebur menjadi satu dengan nama PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia).
.
2.      Sejarah kepramukaan dunia
Kalau kita mempelajari sejarah pendidikan kepramukaan kita tidak dapat lepas dari riwayat hidup pendiri gerakan kepramukaan sedunia Lord Robert Baden Powell of Gilwell.
 Hal ini disebabkan pengalaman beliaulah yang mendasari pembinaan remaja di negara Inggris. Pembinaan remaja inilah yang kemudian tumbuh berkembang menjadi gerakan kepramukaan.
    v Riwayat Hidup Boden Powel
Lahir tanggal 22 Pebruari 1857 dengan nama Robert Stephenson Smyth. Ayahnya bernama powell seorang Professor Geometry di Universitas Oxford.
Pengalaman kehidupan Boden Powel ditulis dalam buku yang berjudul “Aids To Scouting”.
yang merupakan petunjuk bagi Tentara muda Inggris agar dapat melaksanakan tugas penyelidik dengan baik.
                             William Smyth seorang pimpinan Boys Brigade di Inggris minta agar Baden Powell melatih anggotanya sesuai dengan pengalaman beliau itu.
                 Kemudian dipanggil 21 pemuda dari Boys Brigade di berbagai wilayah Inggris, diajak berkemah dan berlatih di pulau Browns Sea pada tanggal 25 Juli 1907 selama 8 hari.
Tahun 1910 BP pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Pada tahun 1912 menikah dengan Ovale St. Clair Soames dan dianugerahi 3 orang anak. Beliau mendapat titel Lord dari Raja George pada tahun 1929 Baden Powell meninggal tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.
    v Sejarah Kepanduan Dunia
Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki dengan nama Boys Scout.
Tahun 1912 atas bantuan adik perempuan beliau, Agnes didirikan organisasi kepramukaan untuk wanita dengan nama Girl Guides yang kemudian diteruskan oleh istri beliau.
Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga dengan nama CUB (anak serigala) dengan buku The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman kegiatannya. Buku ini bercerita tentang Mowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh induk serigala.
Tahun 1918 beliau membentuk Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun. Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia.
Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).
Tahun 1914 beliau menulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka dan baru dapat terlaksana tahun 1919. Dari sahabatnya yang bernama W.F. de Bois Maclarren, beliau mendapat sebidang tanah di Chingford yang kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka dengan nama Gilwell Park.
Tahun 1920 dibentuk Deewan Internasional dengan 9 orang anggota dan Biro Sekretariatnya di London, Inggris dan tahun 1958 Biro Kepramukaan sedunia dipindahkan dari London ke Ottawa Kanada. Tanggal 1 Mei 1968 Biro kepramukaan Sedunia dipindahkan lagi ke Geneva, Swiss.
Biro Kepramukaan sedunia Putra mempunyai 5 kantor kawasan yaitu Costa Rica, Mesir, Philipina, Swiss dan Nigeria. Sedangkan Biro kepramukaan Sedunia Putri bermarkas di London dengan 5 kantor kawasan di Eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika dan Amerika Latin.

B.     PERAN PEMUDA DALAM MENGISI KEMERDEKAAN
Bertolak belakang dari sejarah masa lalu bangsa ini yang menggambarkan peran penting pemuda Indonesia dalam merebut kemerdekaan, generasi muda zaman sekarang hidup dengan aman dan bebas tidak ada tekanan bahkan peperangan. Dalam menuntut ilmu pun tidak membeda-bedakan antara anak bangsawan dan anak rakyat jelata, semuanya sama, sama – sama anak bangsa Indonesia.
Sehingga yang dibutuhkan dari peran generasi muda zaman sekarang dalam mengisi kemerdekaan adalah dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif, misalnya patriot bangsa yang jarang diperhatikan publik seperti generasi muda yang aktif di organisasi sekolah, seperti PMR, OSIS, Pramuka, Paskibra dan lain sebagainya. Mereka Patut dianggap sebagai patriot bangsa yang mengisi kemerdekaan dengan karya nyata yang positif tidak hanya sekedar omong kosong yang tidak ada arti dan bukti nyatanya. Selain itu kiranya tidak salah jika dalam mengisi kemerdekaan para pemuda diharapkan dapat menjadi agent of social change, baik dalam skala nasional maupun lokal.
Selain yang telah di uraikan diatas, tentu masih banyak hal yang perlu dilakukan para pemuda dalam mengisi kemerdekaan Indonesia, diantaranya sebagai berikut :
1.      Menjaga dan Melestarikan kebudayaan indonesia.
2.      Melestarikan penciptaan yang telah di kreatifkan oleh bangsa indonesia.
Sebagai warga negara yang baik, harus cinta terhadap produk-produk yang dibuat atau diciptakan oleh negara ini sendiri. Karna dengan itulah kita bisa tetap mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.
3.      Membuat penciptaan-penciptaan baru terhadap teknologi yang canggih.
4.      Menjaga kelestarian wilayah indonesia.
5.      Menjaga keutuhan NKRI.

                  MENGANALISIS SIMBOL NASIONALISME INDONESIA

1.         NKRI
Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang memiliki rasa kesatuan dalam hidup bermasyarakat, saling bersatu sebagai sesama masyarakat dalam satu negara, saling membantu karena manusia tidak mungkin dapat hidup sendiri dalam suatu wilayah negara.
Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan (nasionlisme) oleh bangsa Indonesia yang bertujuan melindungi segenap bangsa dan seluruh tampah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
2.         Lambang Negara
Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia berbentuk Garuda Pancasila yang kepalanya menoleh lurus ke sebelah kanan, perisai berupa jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika ditulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda. Memiliki paruh, sayap, ekor, dan cakar yang mewujudkan lambang tenaga pembangunan. Garuda memiliki sayap yang masing-masing berbulu 17, ekor berbulu 8, pangkal ekor berbulu 19, dan leher berbulu 45.
Di tengah-tengah perisai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46 terdapat sebuah garis hitam tebal yang melukiskan katulistiwa. Pada perisai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46 terdapat lima buah ruang yang mewujudkan dasar Pancasila sebagai berikut:
1.      Sila pertama dilambangkan dengan cahaya di bagian tengah perisai berbentuk bintang yang bersudut lima;
2.      Sila kedua dilambangkan dengan tali rantai bermata bulatan dan persegi di bagian kiri bawah perisai.
3.      Sila ketiga dilambangkan dengan pohon beringin di bagian kiri atas perisai;
4.      Sila ke empat dilambangkan dengan kepala banteng di bagian kanan atas perisai.
5.      Sila ke lima dilambangkan dengan kapas dan padi di bagian kanan atas perisai.
3.         Lagu Wajib Nasional
Lagu wajib Nasional  adalah Indonesia Raya yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman. Lagu wajib Nasional diperdengarkan dan/atau dinyanyikan:
a.    Untuk menghormati Presiden dan/atau Wakil Presiden serta bendera negara pada waktu pengibaran atau penurunan bendera negara yang diadakan dalam upacara.
b.    Dalam acara resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah;
c.    Dalam acara ataupun kompetisi ilmu pengetahuan, teknologi, Olah raga internasional dan seni internasional yang diselenggarakan di Indonesia.
Lagu Kebangsaan dapat dinyanyikan dengan diiringi alat musik, tanpa diiringi alat musik, ataupun diperdengarkan secara instrumental.
C.    FUNGSI DAN PERAN INDONESIA DALAM ORGANISASI ASEAN DAN PBB
PBB adalah satu-satunya organisasi multilateral yang bersifat global yang memiliki legitimasi dan mandat untuk memelihara perdamaian dunia. Namun kemampuan PBB sebagai organisasi antar pemerintah relatif  terbatas, sementara tantangan yang dihadapi semakin kompleks dan beragam serta meliputi berbagai kawasan.
Akhir-akhir ini tantangan internasional dalam hal konflik antar negara cenderung berkurang tetapi beberapa ancaman baru justru meningkat, seperti intra-state conflict; transnational crimes (terrorism, piracy, human trafficking); bencana alam berskala besar; dan juga tantangan human security, seperti pangan, energi, iklim dan lingkungan.    
Terdapat dua modus pendekatan yang dapat diperankan oleh negara-negara ASEAN untuk meningkatkan profilnya di PBB, yaitu; Meningkatkan kapasitas ASEAN sebagai organisasi regional yang dapat bertindak secara multilateral untuk membantu PBB didalam mengemban misi-misinya; dan Meningkatkan sinergi/posisi bersama negara-negara ASEAN atas isu-isu besar yang berkembang di PBB.
Modalitas peran ASEAN dalam PBB adalah sebagai observer pada SMU PBB sejak 2006 ketika Indonesia menjadi Ketua ASEAN. Tema keketuaan Indonesia dalam ASEAN merefleksikan keinginan ASEAN untuk lebih meningkatkan kerjasama secara lebih luas dengan organisasi-organisasi  internasional lainnya (khususnya PBB), sekaligus mengambil bagian dalam upaya untuk mencari solusi terhadap persoalan global.
ASEAN dan PBB dapat mencari solusi bersama terhadap persoalan human security dan penanganan isu  trans-national security, termasuk counter-terrorism, dan anti-piracy. Dalam hal isu pembangunan infrastruktur dan pengentasan kemiskinan, ASEAN telah memiliki dialog partnership dengan UNDP sejak 1962.  Terkait dengan isu demokrasi dan HAM, terdapat koherensi linear antara Piagam ASEAN dan Piagam PBB, sehingga idealnya ASEAN dapat membantu tugas dan misi PBB, khususnya terkait isu HAM, sesuai visi, misi dan kemampuan ASEAN.
Profil dan efektifitas negara-negara ASEAN di forum-forum PBB  dan badan-badan PBB dapat lebih ditingkatkan apabila negara-negara ASEAN mampu menyamakan posisi dalam berbagai isu strategis, antara lain: NPT, climate change, dan doktrin Responsibility  to Protect. Forum-forum PBB bukan hanya forum politik, keamanan, dan HAM yang berlokasi di PBB dan Jenewa, tapi juga UNESCO dan badan-badan PBB lainnya yang bergerak di bidang pendidikan, sosial-budaya, ekonomi  dan lain-lainnya.
Kendala dan tantangan yang dihadapi ASEAN untuk berperan sebagai aktor internasional - sebagaimana menurut Bab VI UN Charter, “Settlement of Disputes” dan pidato Boutros Boutros Ghali, “An Agenda for Peace”- adalah masih banyaknya konflik bilateral yang belum terselesaikan, serta rasa persaingan yang masih relatif kuat diantara anggota ASEAN dan menjadi kendala dalam proses integrasi.
Perbedaan sejarah, politik dan tahap pembangunan ekonomi yang menyulitkan negara-negara ASEAN mengambil sikap yang sama dalam berbagai isu-isu strategis , terutama yang terkait dengan isu-isu demokrasi dan HAM serta isu-isu ekonomi. (misalnya Singapura yang cenderung bersikap sebagai negara maju dalam isu-isu pembangunan).
Indonesia merupakan penjuru pembentukan komunitas ASEAN dalam pilar politik dan keamanan tahun 2003. Indonesia turut mendorong dan memperjuangkan isu-isu krusial (demokrasi dan HAM) ke dalam Piagam ASEAN; serta pilar Polkam dan Komunitas ASEAN. Disamping itu Indonesia juga menjadi role model bagi negara-negara ASEAN lainnya, diantaranya dalam penerapan nilai-nilai demokrasi dan HAM; conflict management berbasis pada perdamaian; serta langkah-langkah non-militer (kasus Sipadan Ligitan, dan blok Ambalat).
Di bidang kehutanan, langkah Indonesia dalam REDD seyogianya dapat disampaikan kepada negara-negara ASEAN lainnya, dalam rangka menyeragamkan sikap terkait isu kerusakan lingkungan dan perubahan iklim secara global; sementara di bidang penanganan bencana alam, keberhasilan Indonesia dapat menangani berbagai bencana dapat menjadi lesson learned bagi ASEAN dan PBB. Keberadaan AHA Center dapat menjadi prime mover bagi upaya penanganan bencana secara regional dan global.



Sejarah Kepramukaan Indonesia dan Dunia, Peran Pemuda dalam Mengisi Kemerdekaan, Menganalisis Simbol Nasionalisme Indonesia Serta Fungsi dan Peran Indonesia dalam Organisasi ASEAN dan PBB Sejarah Kepramukaan Indonesia dan Dunia,  Peran Pemuda dalam Mengisi Kemerdekaan, Menganalisis Simbol Nasionalisme Indonesia Serta Fungsi dan Peran Indonesia dalam Organisasi ASEAN dan PBB Reviewed by Unknown on 8:30 PM Rating: 5

4 comments:

  1. ===> BONUS BUAT MEMBER BARU! <===

    DONACOPOKER adalah web judi kartu online Indonesia terpercaya dan resmi dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para pemain dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    artikel poker

    Ayo join sekarang di DonacoPoker.net

    ReplyDelete
  2. BONUS 10% EVERY DAY

    Delegasi Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan guna permulaan akun permainan judi atau taruhan online buat kamu di cabang judi online yang berkedudukan International, berlaku dan terpercaya hanya di http://104.248.148.252/.

    Juga Sebagai Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man pada beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://bolazeus.info/2019/01/03/bermain-judi-online-terpercaya-menggunakan-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.info/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.info/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/


    Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

    ReplyDelete
  3. PROMO MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan master agen master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeusbola.

    Yang Merupakan Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man bagi beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.

    https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    link alternatif zeusbola


    Ayo gabung sekarang di dewazeus.site

    ReplyDelete
  4. BISA DEPOSIT PAKAI OVO

    CemePoker ialah delegasi Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan beraneka ragam tidak sedikit game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai perwakilan judi poker dgn rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan sebanyak membernya sedang pemain Poker kami dijamin 100% Player VS Player.
    jangan ceroboh nantikan hadiah menarik setiap bulannya dan bunga referal seusia pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo daftar sekarang hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    ReplyDelete

ads
Powered by Blogger.